Rabu, 20 Juli 2011

Pembalikan Paradigma : Sebuah Catatan Dari Tidur Panjang

Selamat Subuh,

Tulisan ini terilhami ketika saya baru bangun dari tidur hibernasi saya dari mulai sore hari hingga menjelang tengah malam, tepatnya pada pukul setengah sebelas malam (kalau tidak salah). Tulisan singkat ini mencoba mengangkat sebuah tema mengenai apa yang selama ini telah kita yakini. Kita mencoba melakukan rekon/dekonstruksi dari keyakinan tersebut. Saya menamainya dengan sebutan "Pembalikan Paradigma."

Pembalikan Paradigma itu seperti ini :

Biasanya ketika orang tidak makan dan minum itu akan mengalami kesehatan yang menurun dan mengakibatkan melemahnya aktifitas. Akan tetapi, ketika seseorang berpuasa--yang notabanenya itu menahan untuk tidak makan dan minum--justru kesehatannya membaik, sehingga menimbulkan "gairah" untuk melakukan berbagai aktifitas, baik yang bersifat materiil maupun spirituil.

Pandangan ini tentunya berlawanan dengan apa yang telah kita yakini sebelumnya. Hal ini diperkuat oleh Sir Francis Bacon bahwa kita telah terkungkung dengan "berhala" atau "idol" yang telah dikonstruksikan oleh lingkungan, masyarakat bahkan oleh diri kita sendiri. Kita pun "menyembahnya" dan "menuhankan" pikiran serta paradigma tersebut. Kita meyakini itu benar, padahal hal tersebut belum tentu benar.

Ketika hasil penelitian yang menerangkan bahwa puasa tersebut bisa menjadi salah satu instrumen untuk detoksifikasi (pembuangan racun), maka pikiran kita mengalami "eureka dan AHA effect"...mendapat ilham...dan tiba-tiba berkata "Oh, ternyata begitu ya!!!" ditambah dengan muka keheranan dan penuh ketakjuban, karena baru mendapat pengetahuan baru.

Pada posisi tersebut, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa ternyata masih banyak hal yang belum kita ketahui. Kita sadar bahwa masih banyak di dunia ini yang belum terjamah oleh cipta, rasa dan karsa kita.

Jadi, mari kita mencoba untuk merubah dan membalikkan paradigma, persepsi, pengetahuan serta keyakinan kita selama ini. Siapa tahu, kita akan menemukan "duit seratus ribu rupiah di dalam bantal tempat tidur atau di dalam saku celana" yang selama ini kita kenakan. Anda hanya tinggal membalikkan bantal tersebut atau memeriksa kantong  celana tersebut.

Siapa tahu :D

Wa Allah a'lam..

Selamat Subuh...

*sambil menunggu "buffering" Dir en Grey n 9Goats Blackout di Youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar